Sekilas Tentang Bina Siwi

Bangunan sederhana berpagarkan warna biru terlihat berdiri gagah di tengah tepian sawah yang hijau dan meresapkan mata. Panti Asuhan Bina Siwi namanya. Panti Asuhan ini berdiri kurang lebih 5 tahun yang lalu. Belum lama memang, tapi prestasi anak asuh yang tinggal di panti ini sungguh luar biasa.

Panti Asuhan Bina Siwi menampung dan membina anak berkebutuhan khusus (difabel) menjadi insan yang berkarakter, berdaya juang tinggi, dan beprestasi. Harus diakui, kemampuan berpikir mereka di bawah rata – rata orang yang normal. Ada kelemahan, pasti ada ada kelebihan. Begitu pula dengan anak asuh Bina Siwi yang dengan segala keterbatasannya, mampu berkarya dan bekerja layaknya orang yang normal.

Bu Jumilah, salah satu pendiri dan pengasuh Panti Asuhan Bina Siwi, mengungkapkan selama 5 tahun Bina Siwi berdiri menunjukkan peningkatan prestasi yang luar biasa. Pada tahun pertama berdiri, Panti Asuhan Bina Siwi mampu memproduksi emping melinjo dan telur asin. Tidak hanya itu, panti asuhan ini juga memiliki lahan pertanian mini yang ditanami tanaman holtikultura seperti cabai, tomat, mentimun, dan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, panti asuhan yang dulunya hanya ditinggali oleh belasan anak asuh saja ini, pada tahun 2014 telah memiliki anak asuh sebanyak 38 orang. Seiring berjalannya waktu pula, membuat Bina Siwi lebih mandiri lagi. Semakin banyak prestasi dan karya yang bergulir dari panti asuhan yang mengemas segala kegiatannya secara terpadu dan kekeluargaan ini. Menjelang akhir tahun 2013, Panti Asuhan Bina Siwi telah mampu memproduksi kaos, keset, boneka, dan aksesoris. Bahkan luar biasanya lagi, anak – anak asuh yang notabenenya adalah difabel telah mampu membatik baik dengan pewarna alami dan pewarna buatan.

Prestasi ini bukan hal yang secara instan diperoleh. Staf pengajar atau pengasuh di Bina Siwi hanya beberapa orang yang merelakan diri untuk membagi ilmu dan waktu secara lebih untuk mereka. Inspirasi karya di atas diperoleh dari kegigihan para pengasuh dalam meng-update ilmu yang berkembang. Juga, terkadang para pengunjung panti tidak sedikit yang mau membagi ilmu dan pengalaman berkarya (apapun itu) kepada staf pengasuh maupun anak asuhnya.

Taman Karunia sebagai lembaga amal kolektif yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kemajuan suatu umat rutin menyalurkan donasi untuk Panti Asuhan Bina Siwi. Taman Karunia percaya bahwa Bina Siwi akan mampu terus berkembang dan menjadi panti asuhan teladan. Sehingga sampai detik ini, Taman Karunia masih terus berupaya membersamai Panti Asuhan Bina Siwi.

Fastabiqul Khairat! Berlomba – lombalah dalam kebaikan. Anda yang ingin bergabung menjadi donatur di lembaga amal kolektif Taman Karunia dapat mengirimkan donasi dengan cara salurkan ke:

Bank Muamalat, Kantor kas UGM Yogyakarta

An. Bety Ria Sersana, S.Kom no rek : 0158682958

Anda juga dapat mengunjungi langsung Panti Asuhan Bina Siwi dengan alamat: Panti Asuhan Bina Siwi, Komplek Balai Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Email : pabina_siwi@yahoo.com Cp : 081227688818, 081328016593 ( Jumilah )

Nah… Berikut adalah beberapa gambar yang dapat anda jumpai di Panti Asuhan Bina Siwi 🙂

2

Boneka dari Kain Flanel. Cantik, bukan?

 

 

3

Baju Batik karya Bina Siwi

 

4

Kain Batik Berbahan Dasar Pewarna Buatan

10374266_545745015546413_1469555271_n

Aksesoris Cantik nan Lucu

 

 

admin

Related Posts
Leave a reply